sejarah dan perkembangan disket ( floppy disk )

sejarah floppy disk

Pada tahun 1967 IBM memberikan tugasan baru kepada pusat pembangunan storan di San Jose, California: bangunkan sistem yang mudah dan murah bagi mengisi kod-mikro ke dalam System/370 mainframe. 370s merupakan mesin IBM pertama yang menggunakan ingatan semikonduktor, dan apabila kuasa ditutup, kod-mikro perlu diisi semula (ingatan teras bermagnet, yang digunakan dalam mesin sebelum 370, the System/360 line, tidak kehilangan kandungannya apabila ditutup). Biasanya tugasan ini diberikan kepada pelbagai pemacu pita (tape drive) yang disekalikan bersama hampir kesemua sistem 370, tetapi pita adalah besar dan perlahan. IBM mahukan sesuatu yang lebih pantas dan dibina khusus yang boleh juga digunakan bagi mengedar kemaskini pada pelanggan dengan kos serendah US$5.
David Noble, bekerja di bawah arahan Alan Shugart, mencuba beberapa penyelesaian sediaada bagi melihat samaada dia dapat memajukan pita stail baru untuk tujuan tersebut, tetapi akhirnya berputus asa dan mula semula. Hasilnya adalah cakera 8-inci (20 cm) baca sahaja yang dipanggil “cakera ingatan”, mengandungi 80 (kilobyte) (KB)]]. Versi asal adalah cakera sahaja, tetapi kekotoran menjadi masalah besar dan mereka melindunginya dalam bekas plastik yang dialas fabrik yang memerangkap habuk. Peranti baru menjadi bahagian piwaian bagi 370 pada 1971.
Pencipta Jepun, Yoshiro Nakamatsu (atau Dr. NakaMats), mendakwa bahawa dia secara bebas mencipta prinsip cakera liut semenjak 1950, dan dengan itu lesen jualan perlu didapati oleh IBM apabila mereka mula menghasilkan sistem cakera liut mereka.
Pada tahun 1973 IBM membebaskan versi baru cakera liut, kali ini pada Sistem Kemasukan Data 3740 (3740 Data Entry System). Sistem baru ini menggunakan format rakaman yang menyimpan sehingga 256 KB pada cakera yang sama, dan boleh baca-tulis. Pemacu ini menjadi biasa, dan kemudiannya digunakan untuk memindahkan sejumlah kecil data, hampir sepenuhnya menggantikan pita bermagnet.
Apabila komputer mikro pertama dimajukan pada 1970-an, cakera liut 8-inci  diletakkan sebagai salah satu peranti storan pukal berkelajuan tinggi yang hampir mampu dibeli oleh pasaran sasaran (individual dan business kecil). Sistem operasi komputer mikro pertama, CP/M, pada asalnya dijual pada cakera liut 8-inci . Bagaimanapun pemancunya masih mahal, biasanya lebih mahal berbanding komputer yang dilekatkan padanya pada masa itu, dengan itu kebanyakan mesin era tersebut sebaliknya menggunakan tape keset.
Ini bertukar dengan penerimaan piwaian pertama bagi cakera liut, Ecma International-59, dikarang oleh Jim O’Reilly dari Burroughs, Helmuth Hack dari BASF dan yang lain.
Pada masa ini Alan Shugart telah meninggalkan IBM, berpindah ke Memorex untuk tempoh masa yang singkat, dan sekali lagi pada 1973 untuk mengasaskan Shugart Associates. Mereka mulai berusaha memperbaiki format 8-inch&nbsp sediaada, akhirnya menghasilkan sistem baru 800 KB. Bagaimanapun keuntungan sukar dihasilkan dan pada tahun 1974 dia disingkirkan dari syarikatnya sendiri.

operasi 

Internal bagian dari floppy disk 3 1/2-inch. 1 adalah sebuah lubang yang menunjukkan disk berkapasitas tinggi. 2 adalah hub yang mendorong 6, disk magnetik dilapisi plastik. 3 adalah rana yang melindungi permukaan ketika dikeluarkan dari drive. 4 adalah perumahan plastik, dan 5 adalah lembar poliester yang memungkinkan media disk untuk memutar dalam perumahan. 7 adalah representasi skematis dari satu sektor data pada disk, jalur dan sektor yang tidak terlihat.
Sebuah motor kecil di drive disket berputar pada kecepatan yang diatur, sementara mekanisme yang dioperasikan motor menggerakkan kedua magnet baca-tulis kepala, (atau kepala, jika drive dua sisi) sepanjang permukaan disk. Baik operasi membaca dan menulis memerlukan fisik menghubungi membaca-menulis kepala ke media disk, tindakan dicapai dengan sebuah "beban disk" solenoid. [2] Untuk menulis data ke disk, saat ini dikirim melalui kumparan di kepala. Medan magnet dari kumparan magnetizes tempat pada disk seperti berputar, perubahan magnetisasi encode data digital. Untuk membaca data, tegangan kecil diinduksi dalam gulungan kepala oleh magnetisasi pada disk terdeteksi, diperkuat oleh elektronik disk drive, dan dikirim ke Floppy disk controller. Controller memisahkan data dari aliran pulsa yang berasal dari drive, menerjemahkan data, tes untuk kesalahan, dan mengirimkan data ke sistem host komputer.
Sebuah disket kosong memiliki lapisan berfitur seragam oksida magnetik di atasnya. Sebuah pola trek magnet, masing-masing dipecah menjadi sektor, pada awalnya ditulis untuk disket sehingga disket pengontrol dapat menemukan data pada disk. Trek adalah cincin konsentris sekitar disket, dengan ruang antara trek di mana tidak ada data tertulis. celah lain, di mana tidak ada data pengguna yang tertulis, diberikan antara sektor dan di akhir jalur untuk memungkinkan kecepatan variasi kecil dalam disk drive. Kesenjangan ini diisi dengan byte padding yang dibuang oleh controller disket. Setiap sektor memiliki data header yang mengidentifikasi lokasi sektor pada disk. Sebuah kesalahan memeriksa cyclic redundancy check ditulis ke dalam header sektor dan pada akhir data pengguna sehingga kontroler disket dapat mendeteksi kesalahan saat membaca data. Beberapa kesalahan (error lunak) dapat ditangani oleh kembali mencoba operasi read. Kendala lain adalah permanen dan disk controller akan sinyal kegagalan pada sistem operasi jika mencoba beberapa tidak dapat memulihkan data.
Memformat disket kosong biasanya dilakukan oleh sebuah program utilitas yang disediakan oleh produsen sistem operasi komputer. Umumnya utilitas disk format juga akan mendirikan sebuah sistem direktori penyimpanan file kosong pada disket, serta menginisialisasi sektor dan trek pada disket kosong. Daerah dari disket yang tidak dapat digunakan untuk penyimpanan karena cacat beberapa dapat dikunci sehingga sistem operasi tidak mencoba menggunakan "bad sector". Ini bisa sangat memakan waktu, lingkungan begitu banyak memiliki pilihan untuk "format cepat" yang akan melewati proses pemeriksaan kesalahan. Selama masa kejayaan penggunaan disket, disket sebelum diformat untuk komputer populer yang dijual.  
Penggunaan
Disk magnetik yang fleksibel, yang biasa disebut floppy disk, [3] merevolusi penyimpanan komputer disk untuk sistem kecil dan menjadi mana-mana pada 1980-an dan 1990-an dalam penggunaan dengan komputer pribadi dan komputer rumah untuk mendistribusikan perangkat lunak, transfer data, dan membuat backup.
Sebelum menjadi terjangkau hard disk, floppy disk sering juga digunakan untuk menyimpan sistem operasi komputer (OS), di samping perangkat lunak aplikasi dan data. Sebagian besar komputer rumah memiliki OS utama (dan sering DASAR) yang tersimpan secara permanen dalam ROM on-board, dengan opsi loading sistem operasi disk lebih canggih dari floppy, apakah itu menjadi sistem berpemilik, CP / M, atau lambat, DOS .
Pada awal 1990-an, ukuran peningkatan perangkat lunak berarti bahwa banyak program menuntut beberapa disket, sebuah paket besar seperti Windows atau Adobe Photoshop bisa menggunakan disk selusin atau lebih. Pada tahun 1996, ada sebuah lima miliar diperkirakan disket digunakan [4] Menjelang akhir 1990-an,. Distribusi paket lebih besar sehingga secara bertahap beralih ke CD-ROM (atau distribusi online untuk program yang lebih kecil).
Mekanis kompatibel kepadatan tinggi-format diperkenalkan (misalnya drive Iomega Zip) dan singkat populer, tapi adopsi dibatasi oleh persaingan antara format proprietary, dan kebutuhan untuk membeli drive mahal untuk komputer dimana media akan digunakan. Dalam beberapa kasus, seperti dengan Zip drive, kegagalan dalam penetrasi pasar diperparah oleh rilis versi yang lebih tinggi-kapasitas yang lebih baru dari drive dan media yang tidak kompatibel dengan drive yang asli, sehingga memecah-belah basis pengguna antara pengguna baru dan pengadopsi awal yang tidak bersedia untuk membayar upgrade begitu cepat. Sebuah skenario ayam atau telur pun terjadi, dengan konsumen waspada untuk membuat investasi yang mahal menjadi terbukti dan teknologi berubah dengan cepat, dengan hasil bahwa tidak ada teknologi mampu membuktikan diri dan menstabilkan kehadiran pasar mereka. Segera, CD recordable murah dengan kapasitas yang lebih besar, yang juga kompatibel dengan infrastruktur yang ada dari drive CD-ROM, membuat teknologi floppy baru berlebihan. Keuntungan terakhir disket, usabilitas, telah dimentahkan oleh CD re-writable. Kemudian, kemajuan dalam perangkat flash berbasis dan adopsi luas dari interface USB yang tersedia alternatif lain yang, pada gilirannya, membuat bahkan penyimpanan optik usang untuk beberapa tujuan.
Sebuah usaha untuk melanjutkan disket tradisional adalah SuperDisk (LS-120) di akhir 1990-an, dengan kapasitas 120 MB, yang kompatibel dengan standar 3 ½ inci floppy. Untuk beberapa waktu, produsen PC enggan untuk menghapus floppy drive karena banyak departemen TI dihargai built-in mekanisme file-transfer (dijuluki Sneakernet) yang selalu bekerja dan tidak membutuhkan driver perangkat beroperasi dengan benar. Namun, produsen dan pengecer sudah semakin mengurangi ketersediaan komputer dilengkapi dengan floppy drive dan dari disk itu sendiri. Tersebar luas built-in mendukung sistem operasi untuk drive USB flash, dan bahkan dukungan BIOS boot untuk perangkat tersebut pada sistem paling modern, telah membantu proses ini bersama. Imation USB floppy drive, model 01.946. Drive eksternal yang menerima disk kepadatan tinggi.
Eksternal berbasis USB drive floppy disk yang tersedia untuk komputer tanpa drive floppy, dan mereka bekerja pada setiap mesin yang mendukung perangkat penyimpanan massal USB. Banyak sistem modern bahkan memberikan dukungan firmware untuk boot ke USB-mount floppy drive. 

format disk
Floppy ukuran hampir universal sebagaimana dimaksud dalam pengukuran kekaisaran, bahkan di negara mana metrik adalah standar, dan bahkan ketika ukuran sebenarnya didefinisikan dalam metrik (misalnya 3 ½ inci floppy, yang sebenarnya adalah 90 mm). Diformat kapasitas umumnya ditetapkan dalam hal Kilobyte (1024 byte, seperti 1 sektor umumnya 512 byte), ditulis sebagai "kB". Untuk informasi lebih lanjut lihat di bawah. Sejarah urutan format floppy disk, termasuk format terakhir yang umumnya mengadopsi - yang "High Density" 3 ½-inch HD floppy, diperkenalkan 1987. Tahun format Disk diperkenalkan Terformat Kapasitas penyimpanan di KB (1024 bytes) jika tidak dinyatakan Dipasarkan kapasitas ¹ 8-inch - IBM 23FD (read-only) 1971 79,7 [6]? 8-inch - Memorex 650 1972 175 kB [7] 1,5 megabit [7] [terformat] 8-inch - SSSD
IBM 33FD / 901 Shugart 1.973 237,25 [8] [9] 3.1 Mbits terformat 8-inch - DSSD
IBM 43FD / 850 Shugart 1.976 500,5 [10] 6.2 Mbits terformat ¼-inch 5 (35 lagu)
Shugart SA 400 1976 [11] 89,6 kB [12] 110 kB 8-inch DSDD
IBM 53FD / 850 Shugart 1977 980 (CP / M) - 1200 (MS-DOS FAT) 1,2 MB 5 ¼-inch DD 1978 360 atau 800 360 KB 5 ¼-inci Apple Disk II (Pra-DOS 3.3) 1.978 113,75 (256 byte sektor, 13 sektor / track, 35 track) 113 KB 5 ¼-inci Apple Disk II (DOS 3.3) 1980 140 (256 byte sektor, 16 sektor / track, 35 track) 140 KB 3 ½ inci Satu sisi HP 1982 280 264 kB 3-inch 1982 [13] [14] 360 [rujukan?] 125 kB (SS / SD), 500 kB (DS / DD) [14] ½ inci 3 (DD di rilis) 1983 [15] 720 (SS 400, 800 DS di Macintosh, 880 DS pada Amiga) 1 MB 5 ¼-inci QD 720 720 KB 5 ¼-inch HD 1982 YE Data YD380 [16] 1182720 bytes 1,2 MB 3-inch DD 1984 [rujukan?] 720 [rujukan?]? 3-inch Mitsumi Quick Disk 1985 128 to 256? 2-inch 1985 [rujukan?] 720 [rujukan?]? 2 ½ inci 1986 [17]? ? 5 ¼-inch Perpendicular 1986 [17] 10 MB? 3 ½-inch HD 1987 1440 1.44 MB (2.0 MB tidak diformat) 3 ½ inci ED 1987 [18] 2880 2,88 MB 3 ½ inci Floptical (LS) 1991 21000 21 MB 3 ½ inci LS-120 1996 120,375 MB 120 MB 3 ½ inci LS-240 1.997 240,75 MB 240 MB 3 ½ inci HiFD 1998-1999 150/200 MB [rujukan?] 150/200 MB Singkatan: DD = Double Density; QD = Quad Density; HD = High Density, ED = Extended Density; LS = Laser Servo; HiFD = Tinggi kapasitas Floppy Disk; Sisi SS = Single; DS = Double Sided ¹ Lihat diskusi Ultimate kapasitas dan kecepatan, di bawah ini. Tanggal dan kapasitas ditandai? berasal dari kebutuhan informasi tidak jelas dan sumber; kapasitas terdaftar lainnya merujuk kepada:
Diformat Kapasitas Penyimpanan adalah ukuran total dari semua sektor pada disk:

    
* Untuk 8-inci lihat Tabel format floppy 8-inch IBM format 8-inci. Perhatikan bahwa sektor cadangan, tersembunyi dan dinyatakan reserved termasuk dalam nomor ini.
    
* Untuk 5 ¼ - dan 3 ½ inci kapasitas yang dikutip dari pernyataan vendor subsistem atau sistem.
Kapasitas dipasarkan adalah kapasitas, biasanya tidak diformat, oleh vendor OEM media asli atau dalam kasus media IBM, OEM pertama sesudahnya. Format lain mungkin mendapatkan kapasitas yang lebih atau kurang dari drive yang sama dan disk. 

standar pengganti floppy
Melalui awal 1990-an sejumlah upaya dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk memperkenalkan format floppy seperti baru berdasarkan format 3 sekarang-universal fisik ½ inci. Sebagian besar dari sistem ini memberikan kemampuan untuk membaca dan menulis DD standar dan disk HD, sementara pada saat yang sama memperkenalkan format jauh lebih tinggi-kapasitas juga. Tak satu pun dari ini pernah mencapai titik di mana bisa diasumsikan bahwa setiap PC saat ini akan memiliki satu, dan mereka kini sebagian besar telah digantikan oleh CD dan pembakar DVD dan USB flash drive. Namun demikian, 5 ¼ dan 3 ½ inci ukuran tetap hari ini sebagai standar untuk drive bays dalam kasus komputer, yang pertama digunakan untuk CD dan DVD (termasuk Blu-ray), dan yang kedua untuk drive hard disk.
Perubahan teknologi utama adalah penambahan informasi pelacakan pada permukaan disk untuk memungkinkan membaca / menulis kepala untuk diposisikan lebih akurat. Normal disk tidak memiliki informasi tersebut, sehingga drive menggunakan trek diri dengan loop umpan balik dalam rangka ke pusat sendiri. Sistem yang lebih baru umumnya digunakan menandai dibakar ke permukaan disk untuk menemukan trek, sehingga lebar jalur untuk menjadi sangat berkurang. 

 Flextra
Pada awal 1988, Teknologi Brier memperkenalkan BR Flextra 3020, yang membanggakan 21,4 MB (nilai yang digunakan untuk pemasaran, ukuran sebenarnya adalah 21.040 KB, [23] 25 MB tidak diformat). Kemudian pada tahun yang sama ia memperkenalkan BR3225, yang dua kali lipat kapasitas. Model ini juga bisa membaca disk standar 3 ½ inci.
Ini digunakan 3 disk standar ½ inci yang memiliki informasi servo tertanam pada mereka untuk digunakan dengan teknologi Twin Tier Pelacakan. 

Original Floptical 
Pada tahun 1991, Insite Peripherals memperkenalkan "Floptical", yang menggunakan suatu infra-merah LED untuk posisi kepala di atas tanda pada permukaan disk. Drive asli disimpan 21 MB, sementara juga membaca dan menulis DD standar dan disket HD. Dalam rangka meningkatkan kecepatan transfer data dan membuat drive berkapasitas tinggi berguna cepat juga, drive yang melekat pada sistem yang menggunakan konektor SCSI bukan controller floppy normal. Hal ini membuat mereka tampaknya sistem operasi sebagai hard drive bukan sebuah floppy, yang berarti bahwa kebanyakan PC tidak dapat boot dari mereka. Ini tarif pickup lagi terpengaruh.
Insite lisensi teknologi mereka ke sejumlah perusahaan, yang memperkenalkan perangkat yang kompatibel serta format yang lebih besar kapasitas. Yang paling populer ini, sejauh ini, adalah LS-120, yang disebutkan di bawah.

Zip drive
Pada tahun 1994, Iomega memperkenalkan drive Zip. Meskipun tidak sesuai dengan form factor 3 ½ inci dan karenanya tidak kompatibel dengan standar drive 1,44 MB), masih menjadi yang paling populer dari "disket super". Ini membual 100 MB, kemudian 250 MB, dan kemudian 750 MB penyimpanan. Meskipun Zip drive mendapatkan popularitas selama beberapa tahun mereka tidak pernah mencapai penetrasi pasar yang sama sebagai drive floppy standar, karena hanya beberapa komputer baru yang dijual dengan drive. Akhirnya harga jatuh dari CD-R dan media CD-RW dan USB flash drive, bersama dengan kegagalan hardware terkenal (yang "klik kematian" apa yang disebut), mengurangi popularitas dari drive Zip.
Alasan utama kegagalan Zip Drives juga disebabkan oleh harga yang lebih tinggi yang mereka bawa (sebagian karena royalti yang 3 produsen-partai dan disk drive harus membayar). media Zip drive terutama populer untuk kepadatan penyimpanan yang sangat baik dan kecepatan kendaraan yang mereka bawa, tetapi selalu dibayangi oleh harga. 

LS-120
Diumumkan pada 1995, "SuperDisk" drive, sering terlihat dengan nama-nama merek Matsushita (Panasonic) dan Imation, memiliki kapasitas awal 120 (120,375 MB) MB [24] menggunakan kepadatan lebih tinggi "LS-120" disk.
Hal ini ditingkatkan (sebagai "LS-240") untuk 240 MB (240,75 MB). Tidak hanya bisa drive membaca dan menulis disk 1440 kB, tetapi versi terakhir dari drive bisa menulis 32 MB ke disk 1440 kB normal (lihat catatan di bawah). Sayangnya, pendapat umum diselenggarakan disk Disk Super cukup diandalkan, [rujukan?] Meskipun tidak lebih daripada drive Zip dan Teknologi SyQuest persembahan periode yang sama dan ada juga masalah yang dilaporkan banyak bergerak disket standar antara LS-120 drive dan floppy drive normal. [rujukan?] Ini keyakinan, benar atau sebaliknya, adopsi lumpuh. BIOS motherboard bahkan banyak sampai hari ini mendukung LS-120 drive sebagai opsi boot.
LS-120 drive yang kompatibel yang tersedia sebagai pilihan pada banyak komputer, termasuk komputer desktop dan notebook dari Compaq Computer Corporation. Dalam kasus notebook Compaq, drive LS-120 menggantikan floppy drive standar dalam konfigurasi multibay. 

 Sony HiFD
Sony memperkenalkan sistem sendiri floptical seperti pada tahun 1997 sebagai "Sony 150 MB HiFD" yang bisa menampung 150 megabyte (157,3 megabyte aktual) data. Walaupun pada saat ini-LS 120 sudah mengumpulkan beberapa penetrasi pasar, pengamat industri namun penuh percaya diri memperkirakan HiFD akan menjadi standar real-floppy-pembunuh dan akhirnya menggantikan disket standar di semua mesin.
Setelah hanya waktu singkat di pasar produk itu ditarik, karena ditemukan ada sejumlah masalah kinerja dan kehandalan yang membuat sistem tersebut pada dasarnya tidak dapat digunakan. Sony kemudian kembali rekayasa perangkat untuk rilis-ulang dengan cepat, tetapi kemudian diperpanjang menunda baik ke 1998 sebagai gantinya, dan meningkatkan kapasitas untuk "200 MB" (sekitar 210 megabyte) saat mereka dalam hal itu. Dengan titik ini pasar sudah jenuh dengan Zip disk, sehingga ia tidak pernah memperoleh pangsa pasar banyak.

UHD144 Caleb Teknologi
Drive UHD144 muncul awal tahun 1998 sebagai drive itu, dan memberikan 144 MB penyimpanan sementara juga yang kompatibel dengan standar floppy 1,44 MB. Drive lebih lambat dibandingkan pesaingnya tetapi media lebih murah, berjalan sekitar 8 US $ dengan pengenalan dan 5 US $ segera setelah. [Sunting] emulator berita dengan USB interface hardware Sebuah emulator, ukuran yang sama sebagai drive 3 ½
Industri peralatan otomatisasi seperti PC, mesin diprogram dan robot industri mungkin tidak memiliki antarmuka USB. Data dan program masih diambil dari floppy disk, yang dapat rusak di lingkungan industri. Peralatan ini ketinggalan jaman mungkin tidak diganti karena biaya, atau persyaratan untuk ketersediaan berkelanjutan. Tidak seperti komputer desktop umum tujuan pribadi, ada perangkat lunak emulasi dan virtualisasi alat tidak bisa memecahkan masalah ini karena kurangnya sistem operasi atau menggunakan sistem operasi khusus yang tidak memiliki driver untuk perangkat USB. 


Struktur Menemukan 5 ¼-inci mekanisme disk dengan disk dimasukkan. Tepi disk dengan pembukaan untuk medium itu dimasukkan pertama, maka tuas ditolak untuk menutup mekanisme dan terlibat motor drive dan kepala.
Disk 5 ¼-inci memiliki lubang bulat besar di tengah untuk spindel dari drive dan aperture oval kecil di kedua sisi plastik untuk memungkinkan kepala drive untuk membaca dan menulis data. Media magnetik dapat dipintal dengan memutar dari lubang tengah. Sebuah takik kecil di sisi kanan disk akan mengidentifikasi bahwa disk itu dapat ditulis, dideteksi oleh sebuah saklar mekanis atau transistor foto di atasnya. Jika takik ini tidak hadir, disk diperlakukan sebagai hanya-baca. perangkat Punch dijual kepada mengkonversi disk read-only untuk yang dapat ditulis, dan untuk mengaktifkan menulis di sisi disk yang tidak terpakai dari sisi tunggal, yang menjadi informal dikenal sebagai disk Flippy. Tape dapat digunakan selama takik untuk melindungi disk ditulis dari menulis yang tidak diinginkan.
Lain / LED foto-transistor pasangan terletak di dekat pusat dari disk dapat mendeteksi lubang kecil sekali per putaran, yang disebut lubang indeks, di disk magnetik. Ini digunakan untuk mendeteksi awal setiap sudut trek, dan apakah atau tidak disk berputar pada kecepatan yang benar. Sangat awal 8-inci dan 5 ¼-inch disk juga memiliki lubang fisik untuk setiap sektor, dan disebut hard disk sektoral. Kebanyakan disk kemudian hanya memiliki satu lubang indeks, dan posisi masing-masing sektor di trek ditentukan oleh disk controller (atau oleh perangkat lunak tingkat rendah) dari pola dicatat khusus menandai dimulainya sektor. Disk tipe ini dikatakan sektor disk lembut. Umumnya, drive yang sama digunakan untuk membaca dan menulis kedua disk lembut sektoral sektoral dan keras, hanya disk dan kontroler disk yang berbeda, namun beberapa sistem operasi, seperti Apple DOS, yang digunakan sektor lembut tidak menggunakan lubang indeks di semua , dan sering drive yang dirancang untuk sistem tersebut tidak memiliki sensor lubang indeks. Ini terutama biaya hardware penghematan ukuran.
Di dalam disk dua lapisan kain, dengan media terjepit di tengah. kain ini dirancang untuk dirancang untuk mengurangi gesekan antara media dan casing luar, dan untuk menangkap partikel puing terkelupas dari disk, untuk menjaga mereka dari berakumulasi di kepala. Casing luar biasanya adalah lembar satu bagian, dilipat ganda dengan flaps direkatkan atau tempat-dilas bersama-sama.
Setelah disk dimasukkan, menangkap di bagian depan drive diturunkan ke posisi untuk mencegah disk dari muncul, serta meningkatkan atau menurunkan hub poros klem (dan, dalam drive dua sisi, di atas membaca / menulis kepala).
Disk 8 inci sangat mirip dalam struktur ke disk 5 ¼-inci, dengan pengecualian bahwa logika read-only adalah sebaliknya: slot di samping harus ditempelkan di atas untuk memungkinkan menulis.
Disk 3 ½ inci terbuat dari dua lembar plastik yang kaku, dengan sandwich kain-kain menengah-tengah untuk menghilangkan debu dan kotoran. depan hanya memiliki label dan aperture yang kecil untuk membaca dan menulis data, dilindungi oleh logam spring-loaded atau penutup plastik (dengan "slider"), yang mendorong ke samping pada masuk ke drive. The 1.2-inch 5 ¼ floppy disk drive MB 5 ¼-inci 3 ½ inci 1,2 MB 2,88 MB floppy disk drive The 2,88 3 ½ inci floppy disk drive MB
Baru 5 ¼-inci drive dan semua drive 3 ½ inci terlibat secara otomatis ketika pengguna memasukkan disk, dan melepaskan diri dan mengeluarkan dengan menekan tombol eject. Pada komputer Apple Macintosh dengan built-in drive floppy, disk ini dikeluarkan oleh motor bukan secara manual, tidak ada tombol eject, dan ejeksi berada di bawah kendali perangkat lunak.
Sisi sebaliknya dari disk 3 ½ inci memiliki aperture ditutupi sama, serta lubang untuk memungkinkan poros untuk terhubung ke dalam pelat logam menempel pada medium. Dua lubang, kiri bawah dan kanan, menunjukkan write-melindungi status dan disk high-density Sejalan, sebuah lubang terbuka berarti bahwa disk dilindungi atau kepadatan tinggi, dan kesenjangan yang tertutup berarti bahwa disk ditulis-diaktifkan atau kepadatan rendah. (Kebetulan, tulis-melindungi dan high-density lubang pada disk 3 ½-inch spasi persis terpisah sejauh lubang-lubang di kertas A4 menekan (8 cm), yang memungkinkan floppi menulis-dilindungi untuk dipotong menjadi pengikat cincin standar.) Sebuah kanan atas takik memastikan bahwa disk dimasukkan ke dalam orientasi yang benar, dan atas panah kiri menunjukkan arah penyisipan. Drive biasanya memiliki tombol yang, ketika ditekan, akan musim semi keluar disk, di berbagai tingkat kekuatan di antara disk yang berbeda. Beberapa disk hampir tidak akan bisa keluar dari disk drive, yang lainnya akan menembak keluar dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dalam mayoritas drive, gaya ejeksi disediakan oleh musim semi penutup slider di disk itu sendiri, dan oleh karena itu kecepatan ejeksi tergantung pada disk. Dalam mesin PC-jenis, floppy disk dapat dimasukkan atau dikeluarkan secara manual setiap saat. Sebagai status drive tidak terus dimonitor, perangkat lunak dapat membuat asumsi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya drive, mengarah ke pesan kesalahan atau data yang hilang dalam beberapa kasus. A 3 disk "floppy digunakan pada komputer Amstrad CPC
Dengan komputer Apple Macintosh, disk drive terus dipantau oleh OS; disk dimasukkan secara otomatis mencari konten, dan satu yang dikeluarkan hanya ketika perangkat lunak setuju disk harus dikeluarkan. Jenis disk drive (dimulai dengan slim drive "Twiggy" dari Apple terlambat "Lisa") tidak memiliki tombol eject, tetapi menggunakan mekanisme bermotor untuk mengeluarkan disk, tindakan ini dipicu oleh perangkat lunak OS (misalnya, menyeret pengguna "disk" ikon ke "tong sampah" icon). Jika hal ini tidak bekerja (seperti dalam kasus listrik atau kerusakan drive), seseorang dapat menyisipkan klip kertas diluruskan ke lubang kecil di bagian depan drive, sehingga memaksa disk untuk mengeluarkan (mirip dengan yang ditemukan pada drive CD-DVD ). Eksternal 3.5 "floppy drive dari Apple yang dilengkapi dengan tombol eject. Tombol diabaikan saat drive itu dipasang ke Mac, tapi akan mengeluarkan disk drive jika digunakan dengan Apple II, sebagai ProDOS tidak mendukung atau mengimplementasikan software- dikendalikan eject. Beberapa desain komputer lainnya (seperti Commodore Amiga) memantau untuk disk baru terus namun masih memiliki mekanisme eject push tombol.
Disk 3-inch, banyak digunakan pada mesin Amstrad BPK, beruang banyak kesamaan jenis 3 ½ inci, dengan beberapa fitur unik dan agak penasaran. Salah satu contoh adalah casing plastik berbentuk persegi panjang, hampir lebih tinggi dari disk 3 ½ inci, namun sempit, dan lebih dari dua kali tebal, ukuran hampir sebuah kaset audio standar kompak. Hal ini membuat disk lebih tampak seperti kartu memori sangat besar hari ini atau kartu kartu PC standar notebook ekspansi daripada disket. Meskipun ukuran, disk magnetik berlapis aktual 3-inch diduduki kurang dari 50% dari ruang dalam casing, sisanya digunakan oleh perlindungan kompleks dan mekanisme penyegelan diimplementasikan pada disk. mekanisme tersebut sebagian besar bertanggung jawab atas ketebalan, panjang dan biaya tinggi dari disk 3-inch. Pada mesin Amstrad disk telah biasanya terbalik untuk menggunakan kedua belah pihak, sebagai lawan yang benar-benar dua sisi. Double-sided mekanisme yang tersedia, tetapi jarang. 

Sebuah disk floppy hardware emulator dapat dibuat untuk antarmuka controller floppy disk ke port USB yang dapat digunakan untuk flash drive. Beberapa produsen membuat emulator tersebut. 

warisan
Munculnya lainnya pilihan penyimpanan portabel, seperti perangkat penyimpanan USB, SD Card, CD merekam dan DVD, dan munculnya file sharing dan fotografi digital multi-megapixel mendorong akuisisi, penciptaan dan penggunaan file yang lebih besar daripada kebanyakan 3 disk ½ inci bisa terus.
Floppy disk yang biasa digunakan untuk mentransfer file antara komputer (bercanda disebut sneakernet), tetapi ketersediaan luas jaringan area lokal dan koneksi Internet yang cepat, sering menyediakan metode sederhana dan cepat untuk mentransfer file floppy-disk berukuran. perangkat penyimpanan lain removable (flash drive, CD, dll) biasanya memiliki kelebihan baik dalam kapasitas dan kinerja ketika koneksi jaringan tidak tersedia atau sangat file besar perlu ditransfer.
Pada tahun 1991, Komodor memperkenalkan CDTV, yang menggunakan drive CD-ROM di tempat floppy drive. Mayoritas AmigaOS disimpan dalam memori read-only, sehingga lebih mudah untuk boot dari CD-ROM daripada disket.
Pada tahun 1998, Apple memperkenalkan iMac, yang memiliki drive CD-ROM namun tidak ada floppy drive. Hal ini membuat floppy drive USB-menghubungkan aksesori populer untuk iMac awal karena datang tanpa perangkat removable media yang dapat ditulis. Transisi ini jauh dari disket standar relatif mudah untuk Apple, karena semua model Macintosh yang pada awalnya dirancang untuk menggunakan drive CD-ROM mampu boot dan menginstal sistem operasi dari CD-ROM sejak dini.
Pada Februari 2003, Dell, Inc mengumumkan bahwa mereka tidak lagi termasuk drive floppy standar pada komputer rumah mereka Dimensi Dell sebagai perlengkapan standar, meskipun mereka tersedia sebagai pilihan dipilih [
untuk sekitar US $ 20 dan dapat dibeli sebagai OEM aftermarket add-on mana saja dari US $ 5-25.
Pada tanggal 29 Januari 2007, komputer ritel Inggris rantai PC World mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa hanya 2% dari komputer yang mereka menjual berisi built-in floppy disk drive dan, sekali saham ini lelah, tidak ada disket lebih standar akan dijual.
Pada tahun 2009, Hewlett-Packard berhenti memasok drive floppy standar pada desktop bisnis.Floppy masih digunakan untuk boot darurat di penuaan sistem yang kurang mendukung untuk media bootable lainnya. Mereka juga dapat digunakan untuk update BIOS karena kebanyakan BIOS dan firmware program masih bisa dijalankan dari floppy disk bootable. Selain itu, jika update BIOS gagal atau menjadi rusak entah bagaimana, floppy drive dapat digunakan untuk melakukan pemulihan. Industri musik dan teater masih menggunakan peralatan (misalnya synthesizer, sampler, drum mesin, sequencer, dan pencahayaan konsol) yang membutuhkan disket standar sebagai media penyimpanan. 

Gunakan sebagai ikon untuk menyimpan Screenshot dari toolbar pada OpenOffice.org, menyoroti ikon Simpan, mewakili sebuah disket.
Selama lebih dari dua dekade, floppy disk adalah perangkat penyimpanan eksternal dapat ditulis utama digunakan. Juga, di lingkungan non-jaringan (lingkungan komputasi yang paling sebelum tahun 1990), disket dulu alat utama mentransfer data antara komputer. Floppy disk juga, tidak seperti hard disk, ditangani dan melihat, bahkan seorang pengguna pemula dapat mengidentifikasi floppy disk. Karena semua faktor, gambar floppy disk telah menjadi metafora untuk menyimpan data, dan simbol floppy disk adalah (per 2010) masih digunakan oleh software pada tombol dan elemen antarmuka pengguna lain yang berkaitan dengan menyimpan file, meskipun seperti disk yang usang. Dalam rilis Microsoft Office 2010, floppy disk masih digunakan sebagai simbol untuk menyimpan file. 


Komentar

Poskan Komentar